PEMINATAN

Detail Peminatan

IPS (sosial)


Memilih jurusan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sobat semua yang ingin melanjutan di jenjang sekolah ke SMA, karena jurusan itu akan kamu pelajari selama tiga tahun dan tentunya sobat nggak mau kan kalau harus mempelajari hal yang sobat tidak suka selama tiga tahun oleh karena itu penting sekali untuk mencari informasi tentang suatu jurusan dan penting sekali untuk mengetahui passion kamu agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari, dan yang perlu kalian ketahui pada dasarnya semua jurusan itu sama yaitu, sama-sama ilmu pengetahuan. Hanya ranah pembahasannya saja yang berbeda-beda. seringkali ada yang menjelek-jelekkan suatu jurusan ada yang bilang jurusan itu pelajarannya gampanglah, ada yang bilang jurusan ini  ga pentinglah, anak-anaknya nakal, bodo, dan lain lainnya. Yang padahal belum tentu orang itu benar-benar mengetahui jurusan tersebut, dan sekali lagi pilihlah jurusan sesuai passion kamu agar kamu tidak menyesal nantinya.

  • JURUSAN IPS ITU APA SIH ?

Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih belum tau apa itu jurusan IPS. Secara singkat jurusan IPS di SMA adalah jurusan yang mempelajari tentang hubungan antar manusia dan hubungan antara manusia dengan lingkungannya serta berbagai aspek sosial lainnya. bedanya dengan jurusan IPA adalah kalau di IPA yang dipelajari adalah manusia dan alam itu sendiri, contohnya struktur tumbuhan, struktur tubuh manusia, dan lainnya. Kalo IPS yang dipelajari adalah interaksinya, jadi segala hal yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dengan alam maupun antara manusia dengan manusia itu masuk di jurusan ini sobat. Dan nanti di jurusan Bahasa juga lain lagi yang di pelajari. Jurusan IPS terbagi dalam empat disiplin ilmu peminatan yang masing-masing memiliki kekhasannya sendiri.

Oke kalau begitu mari kita lanjut membahas materi pelajaran/peminatan apa aja sih yang di pelajari di jurusan IPS itu. Cekidoot..

  • SOSIOLOGI

Yang pertama adalah sosiologi, disini kalian akan mendalami tentang interaksi sosial, gejala sosial, kelompok sosial, perubahan sosial, penelitian sosial, macam konflik sosial beserta cara menyelesaikannya, dan masih banyak lagi. Pokoknya segala macam hal yang ada sosial sosialnya lah, kalo kamu orang yang suka tentang hal-hal yang berbau sosial, konflik, dan segala hal yang terjadi dekat dengan lingkungan sekitar kita, dijamin dah ana yakin sobat pasti akan sangat menikmati hidangan sosiologi itu. Pelajaran sosiologi ini adalah pelajaran yang dinamis, artinya berkembang mengikuti perubahan jaman, jadi materi yang dipelajari akan akan terus diperbarui dari masa ke masa, jadi tidak hal itu-itu saja yang dipelajari. Dan ngomong-ngomong katanya pelajaran sosiologi ini adalah pelajaran yang diam-diam menghanyutkan sobat, jadi kelihatannya memang gampang tapi kalo sobat nggak serius ngehadepinnya bisa-bisa fatal sob karena pelajaran ini membutuhkan kemampuan analisis yang tinggi.
 

  • EKONOMI

Nah ini nih pelajaran yang selalu dianggap memiliki kesulitan tingkat tinggi di jurusan IPS yaitu ekonomi, disini sobat sekalian akan mempelajari tentang masalah ekonomi, sistem ekonomi, inflasi harga, kebijakan ekonomi, badan usaha hingga akutansi, pokoknya segala hal yang berhubungan dengan duit lah. Di pelajaran peminatan ini juga terdapat hitung-hitungannya tepatnya di materi akutansi dan lumayan banyak jadi kalo kamu yang gak suka hitung menghitung mungkin akan kesulitan dengan pelajaran ini. Adanya materi hitungan ini juga membuktikan bahwa IPS adalah jurusan yang isinya bukan cuma hapalan saja dan selain itu karena adanya materi akutansi ini, tak heran pula jika banyak yang bilang pelajaran ini punya tingkat kesulitan yang tinggi. Tapi tenang yang dihitung di pelajaran ini cuma hal-hal yang berkaitan dengan duit. Bagi kalian yang kelak ingin menjadi seorang akuntan, usahawan dan suka segala hal yang berhubungan dengan duit, pasti akan enjoy mempelajari itu semua dan yang terpenting, kalian dengan mempelajari mapel ekonomi ini kalian bisa lebih paham dan mengenal tentang bagaimana dunia ekonomi itu berjalan dan bekerja secara teori.
 

  • GEOGRAFI

Berikutnya adalah geografi, pelajaran ini sebenarnya lebih mengarah ke dalam rumpun IPA namun ini dimasukkan dalam jurusan IPS, dan tentu sangat berbeda dengan pelajaran IPS yang lainnya, yang sangat kental dengan hal-hal yang berbau sosial, kalau disini ada sedikit bau-bau IPA-nya Bagi kalian yang suka penasaran tentang bumi kita tercinta ini dan ingin mengetahui segala hal di dalamnya, pasti akan sangat menyukai pelajaran ini sesuai dengan namanya "Geo"yang artinya bumi kalian akan mempelajari tentang bumi hingga seisinya dari luar sampai inti bumi,  seperti lapisan atmosfer, keragaman flora dan fauna, apa itu desa dan kota, lapisan kulit bumi, namun meskipun namanya "Geo"disini kalian juga akan mempelajari tentang pembentukan planet, jagat raya dan lain lain. Jadi tidak hanya bumi saja yang dipelajari bahkan luar angkasapun dipelajari. nggak rugi deh pokoknya kalau masuk ke IPS.

 

  • SEJARAH

Berikutnya yang keempat sekaligus yang terakhir adalah sejarah, disini kalian akan mempelajari dan mendalami tentang sejarah penting baik di dunia dan di indonesia dan tentu dengan amat-amat detail. kalian akan mempelajari mulai dari, perang dunia 1 dan 2, sejarah perjalanan negeri kita tercinta NKRI, hubungan peristiwa di berbagai belahan dunia dengan sejarah bangsa kita, dan masih banyak lagi. Banyak yang kesulitan buat mempelajari pelajaran ini, ada yang bilang karena hafalannya banyaklah, ada yang nggak mudeng lah, ada yang bilang pelajarannya ngantukin lah, mbosenin lah dan lain-lain. tapi buat kalian yang sangat suka mempelajari sejarah dan penasaran dengan sejarah seperti apa sih yang membentuk dunia kita hingga seperti pada hari ini. Aku yakin kalian akan dibuat ketagihan untuk mempelajarinya, karena banyak sekali peristiwa menakjubkan di dunia ini.

 

Oke itu adalah pembahasan tentang jurusan IPS lengkap dengan penjelasan per pelajaran peminatan yang ada di dalamnya. Semoga tulisan ini dapat menjadi manfaat untuk kita semua pada umumnya dan untuk adik-adik yang akan memasuki jenjang SMA pada khususnya, dan dapat dijadikan referensi bagi kalian untuk memilih jurusan di SMA. Apabila ada kekurangan dan kekeliruan dalam penjelasan diatas saya mohon maaf, thank you ya buat yang sudah membaca. ????