PEMINATAN

Detail Peminatan

IPA (sains)


Popularitas jurusan ini memang cukup tinggi sehingga, tidak heran jika pendaftar jurusan ini selalu banyak atau bahkan tidak pernah sepi. Dimata para pendaftar, jurusan IPA dianggap mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jurusan lain di SMA. Ada beberapa orang tua yang menyarankan atau bahkan menyuruh anaknya masuk ke jurusan ini ketika mendaftar ke SMA. Bahkan, ada juga yang rela melakukan apa saja hanya agar anaknya bisa masuk ke jurusan ini. Sering juga kita melihat dan mendengar orang berkata "kalau kamu nggak masuk jurusan IPA mau jadi apa?" atau mungkin "nggak mau kalo nggak masuk IPA", saking tingginya minat para pendaftar untuk masuk jurusan ini.
 
APA ITU JURUSAN IPA ?
Jurusan IPA adalah salah satu dari tiga jurusan yang ada di SMA. Bagi kamu yang belum tahu, di jurusan ini materi yang diajarkan merupakan ilmu-ilmu eksakta. Ilmu eksakta adalah ilmu mengenai hal-hal yang bersifat konkret, nyata, dan bisa dibuktikan dengan berbagai percobaan serta penelitian dan kalau dicari dengan metode dan cara yang sama hasil yang didapatkan akan sama, tidak akan berubah. Atau singkatnya biasa disebut dengan ilmu pasti. Sesuai dengan namanya "Ilmu Pengetahuan Alam", materi yang akan kalian pelajari adalah tentang alam mulai dari cara kerja alam, lingkungan dan ekosistemnya, hukum yang berlaku di dalamnya, serta segala makhluk hidup yang tinggal dan hidup di dalamnya termasuk kita manusia, serta masih banyak yang lainnya.
 

Oh iya sekedar tambahan, selain berisi mapel Ilmu Alam jurusan ini juga punya mapel matematikanya sendiri. Oleh karena itu selain disebut dengan jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) jurusan ini punya dua nama lagi yaitu, jurusan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan jurusan MIA (Matematika dan Ilmu Alam). Jadi jangan bingung kalau ada yang menyebut jurusan ini dengan dua nama itu karena, sebenernya maksudnya sama.

Selanjutnya mari kita bahas mapel-mapel peminantan apa aja sih yang ada di jurusan IPA ini. Jurusan ini memiliki 4 mapel peminatan yang keempat-empatnya bisa dibilang sudah akrab di telinga kalian para calon siswa-siswa SMA. Hal ini karena materi dalam mapel-mapel tersebut sudah mulai dipelajari di SMP dan dijadikan materi Ujian Nasional. Mapel-mapel tersebut yaitu :
 
 
1. MAPEL FISIKA
Yang pertama adalah mapel fisika. Yah, di SMA nanti apabila kalian bisa diterima di jurusan IPA, fisika adalah salah satu mapel peminatan yang akan kalian lahap setiap minggunya. Mapel ini konon katanya adalah salah satu mapel paling sulit yang ada di jurusan ini itu baru katanya. Lalu bagaimana dengan materinya, untuk materi yang di ajarkan sebenarnya hanya meneruskan dari apa yang sudah kalian pelajari ketika SMP. Apa kalian masih ingat pelajaran seperti, suhu & kalor, hukum newton, listrik statis. Di SMA nanti kalian akan mempelajari ulang itu semua sebagai pengantar meskipun hanya untuk beberapa bab saja. Jadi, kalian tidak akan kaget nanti ketika pertama kali diajar. Di mapel ini sebagian besar materinya adalah hitung-hitungan, jadi tidak heran kalau nanti kalian akan menemukan berbagai macam rumus di buku cetak atau lksnya. Tapi jangan menganggap mapel ini sama kayak matematika yang isinya hampir semua adalah rumus. Itu salah karena sesungguhnya yang sobat pelajari disini adalah segala hal yang ada dan benar-benar terjadi di sekitar kita bukan cuma sekedar itung-itungan pake rumus. Seperti contoh, naik turunnya suhu, adanya listrik, adanya medan magnet, gelombang. Hanya saja, sebagian besar cara mempelajarinya ya lewat hitung-hitungan. Kalau kamu sudah suka dan pandai berhitung, atau sudah suka dengan materi-materi fisika sejak SMP, aku yakin kamu akan enjoy menghadapinya.
 
2. MAPEL KIMIA
Kedua Kimia, di mapel ini kalian akan banyak mempelajari tentang larutan dan zat pokoknya seputaran itu aja. Mulai dari struktur zat, apa aja yang ada didalamnya mulai dari bagian terkecil yang ada dalam zat, pencampuran zat, dan masih banyak lagi. Sewaktu SMP kalian juga sudah mempelajari beberapa materi kimia yang seperti ini diantaranya seperti, zat asam dan basa, unsur dan senyawa, atom. Kalau kamu suka mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan zat dan larutan, kamu mungkin akan menyukai mapel ini, karena di SMA kamu akan mempelajari lebih dalam dan lebih luas lagi tentang dua hal itu. Selanjutnya sekedar saran dariku, sebaiknya kamu tidak melupakan apa yang sudah dipelajari di SMP sebelumnya salah satunya materi kimia ini. Karena semua itu akan sangat membantumu mempelajari materi SMA nantinya.
 
3. MAPEL BIOLOGI
Selanjutnya adalah mapel biologi, kalau di mapel kimia yang dipelajari adalah seputar zat dan larutan di mapel biologi ini yang akan kalian pelajari adalah tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Mulai dari hewan, tumbuhan, jamur, hingga diri kita sendiri (manusia), dan bahkan makhluk sekecil bakteri dan virus pun akan ikut kamu pelajari disini, luar biasa kan. Kalian akan mempelajari banyak sekali hal seputaran itu, lengkap dan sangat-sangat rinci, materi tentang tubuh kita saja (manusia) di mapel ini, ada banyak yang harus dipelajari, mulai dari struktur tubuh, dari kulit, darah, hingga tulang, sistem pencernaan, bahkan sistem reproduksi kita juga dipelajari, dari yang pria hingga wanita. Selanjutnya biar aku kasih tahu buat kalian sedikit saja, biologi ini adalah satu-satunya mapel peminatan di jurusan ini yang hampir tidak ada materi hitung-hitungannya, tapi ya itu kalian harus rajin membaca dan mencatat karena walaupun hitung-hitungannya tidak ada yang "hapalannya" justru banyak. Aku punya pertanyaan nih buat kamu yang lagi baca artikel ini, apakah kamu adalah salah satu dari sekian banyak anak di indonesia ini yang ingin jadi dokter nantinya ?, kalau iya maka kamu wajib untuk menguasai mapel yang satu ini.
 
 4. MAPEL MATEMATIKA PEMINATAN
Dan yang terakhir adalah mapel matematika peminatan, mapel yang satu ini juga salah satu mapel yang akan kamu lahap setiap minggu jika bisa diterima di jurusan ini. Jadi selain fisika, kimia, dan biologi, di jurusan ini juga ada mapel matematika peminatannya. Kamu harus tahu, sebenarnya di SMA itu ada dua mapel matematika, satu adalah matematika wajib yang berisi dasar-dasar yang harus dikuasai oleh semua anak SMA dan yang satunya lagi adalah matematika peminatan ini yang memang ditujukan khusus untuk anak-anak di jurusan IPA guna melatih kemampuan logika, berhitung, dan berpikir mereka dalam mempelajari materi peminatan lain yang sebagian besar membutuhkan kemampuan logika dan berhitung yang baik. Dari segi isi kedua mapel matematika ini sudah tentu ada perbedaan tapi kalau inti materinya sih kurang lebih sama. Hanya saja, tingkat kesulitan matematika yang satu ini lebih tinggi. Tapi kalau kamu pintar memahami dan mengutak-atik rumus serta dari dulu memang suka dengan pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka seperti ini aku yakin tidak akan kesulitan malah justru menyukainya.
 
Nah itu tadi beberapa penjelasan tentang jurusan IPA di SMA yang bisa kita ketahui lengkap hingga penjelasan tiap mapel peminatan yang ada di dalamnya. Aku harap tulisan ini bisa menjadi manfaat untuk kita semua dan juga dapat dijadikan referensi bagi adek-adek (mungkin kakak-kakak ) yang mau melanjutkan sekolah ke jenjang SMA untuk memilih jurusan yang tepat saat mendaftar nanti.